3 Trik Lolos Wawancara Kerja

Bukan rahasia bahwa wawancara kerja adalah momentum yang sangat penting dan menakutkan bagi mayoritas kandidat yang diwawancarai. Pada dasarnya, sesi ini termasuk poin yang menentukan apakah kalian diterima bekerja atau sebaliknya. Namun, tentu saja sebelum ikut wawancara kerja kalian harus berpikir dulu dan membuat strategi perilaku saat akan diwawancarai. Para pemberi kerja cenderung untuk sengaja menanyakan hal-hal yang dapat membuat Anda terkesan atau pun terkejut. Untuk dapat menghindari situasi yang sangat tidak enak ini, seharusnya Anda memiliki pengetahuan atau skema tertentu tentang cara dan peraturan berkomunikasi pada pertemuan pertama dengan perwakilan perusahaan.

Akan tetapi, jangan langsung gelisah dan takut. Dengan tips dan trik berikut dari tim Jooble, kalian dapat mengesankan pewawancara saat interview, sehingga akan dengan mudah diterima ke tempat kerja impian.

1. Sabar
  
via pixabay
Selain pengetahuan dan pengalaman, hal yang juga berperan sangat tinggi saat wawancara kerja adalah kondisi emosional kalian.  Supaya tetap sabar, tenang dan tidak terlihat gelisah, cobalah siapkan semua informasi yang ingin disampaikan sebelumnya. Oleh karena itu, kalian perlu mempersiapkan pikiran kalian supaya pada saat wawancara kerja dapat menjawab setiap pertanyaan dengan serba jelas dan akurat. Pastikan bahwa ketika Anda dipanggil masuk, kalian sudah siap untuk 100%.

2. Bahasa dan mimika
Bahasa tubuh dan cara berbicara dapat menunjukkan karakter dan individualitas seorang kandidat baru. Oleh karena itu, buatlah kesan positif ketika berdialog dengan seorang pewawancara. Cobalah bersikap sopan dan profesional, sehingga yang mewawancarai tidak akan ragu satu menit pun untuk memberi pekerjaan kepada kalian.

Selain itu, selalu menjelaskan pikiran Anda dengan jelas dan logis tanpa menceritakan tentang hal-hal yang tidak berkaitan dengan pertanyaan. Dengan ini, pemberi kerja pasti akan menanggap Anda dengan lebih serius.

3. Siapkan data pribadi

via pixabay
Pengalaman dan latar belakang Anda adalah faktor terpenting bagi perusahaan saat mengambil keputusan memberi kerja atau tidak. Maka, sebelum ikut wawancara kerja, pastikan dulu seluruh informasi yang kalian perlukan untuk menambah nilai plus pada diri kalian.

Memang wawancara kerja adalah eksekusi bagi para pelamar kerja untuk menguji seberapa besar yakin kalian masuk kerja diperusahaan tersebut. Seberapa besar siap kalian buat ditempatkan diposisi kerja kalian. Itulah sedikit tips sederhana untuk lolos saat wawancara kerja. Sebenarnya tips sederhana ini kembali lagi kekita, udah siap belum diwawancara?
Previous
Next Post »
4 Komentar
avatar

Saya lbih tertarik jadi yg mewawancara aja :D ada tips nya gak

Balas
avatar

wah next time deh bikin tips wawancara yang *apayah wkkwk
mau yg formal apa enggak nih hahha :D

Balas
avatar

Coba bikin post "cara mewawancarai cabe2an ngelamar kerja" wkwkw pasti rame

Balas
avatar

Mau nanya dong, apa pada saat kita interview itu pasti suasananya tegang kan, gimana caranya untuk mengubah suasana tegang itu..

Balas